Kamis, 15 Desember 2011

Ditemukan! Bug pada Peranti Apple



alt
Sebuah celah keamanan telah ditemukan pada sistem operasi bawaan iPhone dan iPad. Bug ini memungkinkan hacker untuk menyusupkan aplikasi secara tersembunyi dan diam-diam akan memasang dirinya untuk mencuri data, mengirim pesan atau menghancurkan segala data yang ada.
Hal ini diungkapkan oleh Charlie Miller, seorang peneliti dari Accuvant Lab yang telah melakukan ujicoba dengan membuat prototipe program semacam malware untuk menguji ketahanan dan meletakkannya di App Store miliki Apple. Dan hasilnya, App Store gagal mengidentifikasi program jahat tersebut dan berhasil melewati proses pemeriksaan keamanan.
"Sebelumnya Anda memang tidak perlu kuatir jika hendak mengunduh apapun dari App Store. Namun sekarang kita tidak tahu apa saja yang bisa dilakukan suatu aplikasi. Hal ini bisa menjadi perhatian bahwa sebuah program jahat masih bisa menembus sistem keamanan dengan adanya bug tadi", papar Miller.

Miller mengatakan bahwa dia telah membuktikan teorinya tersebut dengan membangun aplikasi pemantau pasar saham buatannya yaitu InstaStock. Setelah aplikasi ini terpasang, secara otomatis akan terhubung kembali keservernya, dan dari sini Miller bisa melakukan apapun secara bebas. Bahkan Miller telah mendemonstrasikan hal ini yang bisa dilihat melalui Youtube. Anda yang penasaran bisa melihatnya melalui alamat http://www.youtube.com/watch?v=ynTtuwQYNmk.
Pihak Apple sendiri sejauh ini belum merespon pernyataan tersebut secara resmi. Secara personal, Miller telah dihubungi oleh pihak Apple secara langsung. Meski pihak Apple tidak (atau belum) memberi pernyataan resmi mengenai masalah ini ke publik, namun Miller mengatakan bahwa pihak Apple sedang melakukan proses perbaikan terhadap masalah tersebut.
Pada tahun 2007, Miller juga berhasil menemukan bug pada Safari mobile dan pada tahun 2009 berhasil pula mengidentifikasi bug pada sistem iPhone.

sumber :http://www.infokomputer.com/reguler/ditemukan-bug-pada-piranti-apple

Tidak ada komentar:

Posting Komentar