Kamis, 15 Desember 2011

Google Rayakan Ulang Tahun Penemu Microchip


Jika Anda berkunjung ke situs mesin pencari Google hari ini, pasti Anda akan menemukan ilustrasi microchip yang bertuliskan “Google” di bagian atasnya. Apa sebabnya?
Ternyata, hari ini – 12 Desember – merupakan hari lahir Robert Noyce, peneliti yang pertama kali menemukan microchip atau sirkuit terintegrasi (integrated circuit/IC) bersama Jack Kilby.
Noyce dilahirkan di Iowa, AS, 84 tahun yang lalu, namun telah berpulang pada 3 Juni 1990 silam.
Selain menyandang gelar sebagai penemu microchip, Noyce juga merupakan salah satu pendiri Intel Corporation selain Gordon Moore pada tahun 1968.
Jika Moore populer dengan Hukum Moore-nya, Noyce lebih dikenal sebagai “Walikota Silicon Valley” karena berkat teknologi microchip-lah, Silicon Valley tumbuh dan berkembang sebagai pusat teknologi komputasi di Amerika Serikat.
Setelah Noyce meninggal, keluarganya mendirikan Robert Noyce Foundation, sebuah yayasan nirlaba yang bergerak di bidang edukasi. Yayasan ini bertujuan antara lain untuk meningkatkan kualitas proses mengajar matematika dan ilmu alam di sekolah-sekolah umum serta mengembangkan kepemimpinan para pelajar.
Selain itu, nama Robert Noyce juga diabadikan dalam program The Robert Noyce Teacher Scholarship Program yang diberikan oleh National Science Foundation kepada para guru sekolah dasar di bidang sains dan ilmu pasti.
Dan hari ini, Google ikut mengapresiasi jasa-jasa Robert Noyce dalam wujud Google Doodles di halaman berandanya. Saat ini, sudah lebih dari 1000 Doodles dipersembahkan Google sejak tahun 1998 untuk mengenang peristiwa dan para tokoh bersejarah.

sumber:  http://www.infokomputer.com/reguler/google-rayakan-ulang-tahun-penemu-microchip

Tidak ada komentar:

Posting Komentar