Rabu, 14 Desember 2011

Komponen Internet




Komponen Internet

Setelah sebelumnya memposting tentang pengertian internet, kali ini saya akan mencoba menulis tentang komponen internet sebatas pengetahuan saya sebagai catatan pribadi. Yang termasuk dalam komponen internet ada tiga komponen dasar yang membuat internet tersebut bisa berfungsi.

Berikut tiga komponen dasar internet versi blog Artikel Komputer :

• Jaringan fisik komputer
• Protokol
• Program aplikasi

Ketiga komponen ini mempunyai peran yang sama pentingnya terlepas dari seberapa besar jaringan dan jenis layanan yang digunakan. Jaringan fisik komputer berfungsi sebagai media ata saluran yang digunakan untuk lalu lintas data. Protocol berfungsi sebagai alat komunikasi dari satu sistem ke sistem lain. Sedangkan program aplikasi adalah fasilitas yang digunakan oleh pemakai untuk dapat berinteraksi di internet.

Komponen Internet 1 - Jaringan Fisik Komputer
Jaringan komputer adalah gabungan dari perlengkapan komputer dan komunikasi. Perlengkapan komunikasi digunakan untuk menghubungkan sekumpulan komputer berjumlah banyak yang terpisah letaknya, sehingga saling dapat bertukar data. Media komunikasi yang digunakan adalah kawat tembaga, serat optic, gelombang mikri, atau satelit. Sedangkan untuk membentuk suatu jaringan komputer di perlukan perlengkapan seperti modem, Ethernet card, hub / switch, router, bridge, terminal-server, repeater atau perlengkapan jaringan lain. Setiap komputer yang turut berpartisipasi dalam suatu jaringan disebut node.

Dua buah komputer yang saling berhubungan dapat dikatakan sebagai sebuah jaringan komputer. Sedangkan untuk jaringan komputer seperti internet adalah jaringan dari jaringan yang terdiri dari LAN dan WAN. LAN atau Local Area Network adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer yang dihubungkan secara langsung, misalnya menggunakan jenis kabel tertentu, atau bisa juga dihubungkan tanpa kabel dengan menggunakan teknologi Wi-Fi. Jika LAN-LAN dihubungkan ke dalam jaringan komputer yang lebih besar maka disebut sebagai WAN atau Wide Area Network yang sebagian besar dihubungkan melalui media komunikasi seperti saluran telepon atau sambungan satelit.

Komponen Internet 2 - Protokol
Komponen jaringan untuk komunikasi data antar komputer disebut sebagai protokol. Di internet setiap pesan yang dikirim sedikitnya melintasi tiga tingkat protokol, yaitu :
Protokol jaringan, berfungsi mengelola logistic perolehan pesan dari mesin pengirim ke mesin penerima yang dikemas dalam bentuk paket-paket data. Protokol yang digunakan adalah Internet Protocol (IP).
Protokol Angkut (Transport), berfungsi menghimpun paket-paket data yang berhubungan yang dikirim oleh IP dan meletakkannya dalam urutan yang tepat dan di periksa keutuhannya. Ada dua protokol yang digunakan yaitu TCP (Transmission Control Protocol) dan UDP (User Datagram Protocol).
Protokol Aplikasi, berfungsi memformat pesan yang dapat dikenal oleh manusia, contoh dari protokol ini adalah HTTP (Hyper Text Transfer Protocol), FTP (File Transfer Protocol) dan lain sebagainya.

Komponen Internet 3 - Program Aplikasi
Untuk berinteraksi di internet di perlukan program aplikasi untuk dapat mengakses layanan yang di sediakan. Beberapa layanan utama yang biasa di pakai di internet adalah :
Email (electronic mail), yaitu layanan untuk mengirim dan menerima surat secara elektronis. Contoh program aplikasinya adalah Outlook Express.
WWW (World Wide Web), layanan yang memberikan berbagai macam informasi yang ditampilkan dalam bentuk teks, gambar, suara, maupun video. Untuk lebih detailnya baca postingan Pengertian WWW.  Komponen utama dalam layanan ini adalah hyperlink yaitu kaitan yang dapat membawa ke halaman web atau informasi lain. Nama program aplikasi WWW adalah browser, Contoh : Mozila Firefox, Internet explorer, Google Chrome dll.
File Transfer Protocol (FTP), yaitu layanan untuk mentransfer file dari satu sistem ke sistem lain. Fasilitas FTP digunakan untuk menyalin file dari sebuah host remote ke host local yang disebut download, atau sebaliknya disebut upload. contoh program aplikasinya adalah filezila.

Selain contoh layanan di internet yang telah disebutkan di atas, masih banyak layanan lainnya seperti Telnet, Chat, Game Online, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar